Komoditi yang dapat di angkut :
- Petikemas
Paletisasi, Insulated and refrigerated containers, Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks, Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers - Barang curah
Liquid/ Cair
BBM, CPO,Semua bahan kimia cair yang tidak korosif, Minyak goreng, air mineral dan lain-lain - Barang curah
Batubara, pasir, semen, gula pasir, pupuk, beras, kricak, aspalt, klinker dan lain-lain - Barang retail
Barang elektronik, hasil produksi pabrik yang sudah terpaket, barang kiriman hantaran, barang potogan - Barang packaging
Semen, pupuk, gula pasir, beras, paletisasi
Untuk berbagai kebutuhan pengangkutan barang PT KAI menyediakan jenis gerbong yang sesuai. Dalam kondisi tertentu PT KAI bekerjasama dengan PT INKA dapat melakukan modifikasi untuk memenuhi spesifikasi teknis komofiti angkutan barang tertentu. Type gerbong yang saat ini beroperasi pada KA Barang diantaranya :
Nama Type
|
Kapasitas Muat
|
Komoditi dapat di angkut
|
|
||
Gerbong Datar
|
||
PPCW
|
40 TON, 42 TON, 30 TON
|
Paletisasi, Insulated and refrigerated containers,
Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks,
Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers
.
|
PKPKW
|
45 TON
|
|
|
||
Gerbong Terbuka
|
||
KKBW
|
53 TON, 50 TON, 30 TON, 25 TON
|
Batubara, pasir besi, pasir kwarsa, hasil
tambang, bahan baku
curah
|
ZZOW
|
42 TON, 30 TON
|
balast, batu kricak, pasir, batubara, hasil
tambang, bahan baku
curah
|
YYW
|
30 TON
|
balast, batu kricak, pasir, batubara, hasil
tambag, bahan baku
curah
|
|
||
Gerbong Tertutup
|
||
GGW
|
50 TON, 30 TON
|
semen dalam kantong, Bahan serbuk/ powder
dalam kantong, gula, pupuk
|
B (Bagasi)
|
20 TON, 10 TON
|
Barang retail, produk pabrik yang terpaket
dalam kardus, barang potongan.
|
TTW
|
30 TON
|
semen dalam kantong, Bahan serbuk/ powder
dalam kantong, gula, pupuk .
|
KKBW Klinker
|
30 TON
|
Klinker, pasir kwarsa, pasir
|
|
||
Gerbong Tangki
|
||
Ketel
|
38 KL, 30 KL
|
BBM, Semua jenis bahan bakar cair, aspalt,
bahan kimia cair yang tidak korosif
|
Ketel CPO
|
30 KL
|
CPO,Minyak goreng, air mineral, tepung,
powder kimia
|
Ketel Semen
|
30 KL
|
Semen powder, kapur powder, semua bahan kimia
berbentu serbuk, klinker.
|
Lokomotif
Lokomotif dengan kapasitas yang optimum disediakan untuk menarik rangkaian gerbong barang dalam jumlah yang besar , berikut ini beberapa type dan kemampuan lokomotif yang digunakan untuk menarik rangkaian KA barang :
Jenis Lokomotif
|
Pabrik pembuat
|
Keluaran Daya
|
Daya Tarik Beban
Pada Kemiringan Nol Permil |
|
Type PT KAI
|
Type Internasional
|
|||
CC201
|
(GE U18C)
|
General electric
|
1950 Hp
|
1931 ton pada V= 60km/jam
|
CC202
|
(EMD G26)
|
General Motor
|
2250 Hp
|
2096 ton pada V= 60km/jam
|
CC203
|
(GE U20C)
|
General electric
|
2150 Hp
|
1300 ton pada V= 80km/jam
|
CC204
|
(GE C18Mmi dan GE C20EMP)
|
General electric
|
1950 Hp
|
2900 ton pada V= 60km/jam
|
CC205
|
(EMD-GT38AC)
|
General Motor
|
2300 Hp
|
diperkirakan 1,5 kali CC202
|
Fasilitas Tambahan
Untuk mendukung system kelogistikan berbagai komoditi angkutan barang PT KAI juga menyediakan fasilitas tambahan di beberapa lokasi Stasiun atau terminal angkutan barang di pulau Jawa dan Sumatera. Beberapa diantaranya :
- Gedung Tempat Penyimpanan atau Pergudangan
- Kantor Ekspeditur
- Alat Bongkar Muat Reach Stager, Gantry Crance, Container Loader.
- Alat Timbang
- Dipo Perawatan Container
- Areal Parkir Untuk Trucking
- Fasilitas Security
- Stockpile
- Container Yard
- Dan lain-lain
Lokasi Stasiun Origin dan Destinasi
- Jawa
Hampir di seluruh kota besar di pulau jawa dilalui oleh lintasan rel kereta api. Begitu pula pengiriman barang dengan kereta api dapat mencapai ke berbagai tempat di pulau jawa hingga pelosok. Dengan menyediakan fasilitas Loading dan Unloading maupun system pergudangan maka pengiriman barang dapat berlangsung dengan aman dan tepat waktu. Pada tahun 2009 terdapat kurang lebih 441 Stasiun kereta api untuk penumpang dan barang yang tersebar seluruh kota besar di pulau Jawa. Berikut ini beberapa stasiun besar sebagai tempat origin dan destinasi pengiriman barang : - Stasiun Jakarta gudang
- Stasiun Kalimas
- Stasiun Pasar turi
- Stasiun Sungai lagoa dan Pasoso
- Stasiun Petikemas Gedebage
- Stasiun lempuyangan
- Stasiun Solo Balapan
- Stasiun Manggarai
- Stasiun Tegal
- Stasiun Semarang Poncol
- Stasiun Kroya
- Stasiun Merak
- Sumatera
Pada tahun 2009 terdapat kurang lebih 129 Stasiun kereta api untuk penumpang dan barang yang tersebar seluruh kota besar di pulau Sumatera. Lintasan rel kereta api di seluruh wilayah Sumatera masih belum terhubungkan dan Wilayah sumatera terbagi Menjadi tiga bagian/ region atau dikenal dengan DIVRE (devisi regional) diantaranya : - DIVRE I Sumatera Utara, beberapa stasiun Besar yang dapat mengakomodasi angkutan barang diantaranya :
- Stasiun Labuan
- Stasiun Kisaran
- Stasiun Lubuk pakam
- Stasiun Rantau parapat
- Stasiun Siantar
- Stasiun Tanjung balai
- Stasiun Belawan
- Stasiun Mendan
- Stasiun Tebing tinggi
- DIVRE II Sumatera Barat, beberapa stasiun Besar yang dapat mengakomodasi angkutan barang diantaranya :
- Stasiun Padang panjang
- Stasiun Teluk bayur
- Stasiun Sawalunto
- Stasiun Pariaman
- DIVRE III Sumater Selatan, beberapa stasiun Besar yang dapat mengakomodasi angkutan barang diantaranya :
- Stasiun Kertapati
- Stasiun prabumulih
- Stasiun merapi
- Stasiun muaraenim
- Stasiun Tarahan
- Stasiun Lubuk linggau
- Stasiun Lahat
- Stasiun Baturaja
sumber:http://www.kereta-api.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar