INFO PELAYANAN ANGKUTAN BARANG



Komoditi yang dapat di angkut :
  1. Petikemas
    Paletisasi, Insulated and refrigerated containers, Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks, Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers
  2. Barang curah Liquid/ Cair
    BBM, CPO,Semua bahan kimia cair yang tidak korosif, Minyak goreng, air mineral dan lain-lain
  3. Barang curah
    Batubara, pasir, semen, gula pasir, pupuk, beras,  kricak, aspalt, klinker dan lain-lain
  4. Barang retail
    Barang elektronik, hasil produksi pabrik yang sudah terpaket, barang kiriman hantaran, barang potogan
  5. Barang packaging
    Semen, pupuk, gula pasir, beras, paletisasi
Fasilitas Gerbong
Untuk berbagai kebutuhan pengangkutan barang PT KAI menyediakan jenis gerbong yang sesuai. Dalam kondisi tertentu PT KAI bekerjasama dengan PT INKA dapat melakukan modifikasi untuk memenuhi spesifikasi teknis komofiti angkutan barang tertentu. Type gerbong yang saat ini beroperasi pada KA Barang diantaranya :
Nama Type
Kapasitas Muat
Komoditi dapat di angkut

Gerbong Datar
PPCW
40 TON, 42 TON, 30 TON
Paletisasi, Insulated and refrigerated containers, Standard containers, Hard-top containers, Open-top containers, Flatracks, Platforms (plats), Ventilated containers, Bulk containers, Tank containers . 
PKPKW
45 TON

Gerbong Terbuka
KKBW
53 TON, 50 TON, 30 TON, 25 TON
Batubara, pasir besi, pasir kwarsa, hasil tambang, bahan baku curah
ZZOW
42 TON, 30 TON
balast, batu kricak, pasir, batubara, hasil tambang, bahan baku curah
YYW
30 TON
balast, batu kricak, pasir, batubara, hasil tambag, bahan baku curah

Gerbong Tertutup
GGW
50 TON, 30 TON
semen dalam kantong, Bahan serbuk/ powder dalam kantong, gula, pupuk
B (Bagasi)
20 TON, 10 TON
Barang retail, produk pabrik yang terpaket dalam kardus, barang potongan.
TTW
30 TON
semen dalam kantong, Bahan serbuk/ powder dalam kantong, gula, pupuk .
KKBW Klinker
30 TON
Klinker, pasir kwarsa, pasir

Gerbong Tangki
Ketel
38 KL, 30 KL
BBM, Semua jenis bahan bakar cair, aspalt, bahan kimia cair yang tidak korosif
Ketel CPO
30 KL
CPO,Minyak goreng, air mineral, tepung, powder kimia
Ketel Semen
30 KL
Semen powder, kapur powder, semua bahan kimia berbentu serbuk, klinker.

Lokomotif
Lokomotif dengan kapasitas yang optimum disediakan untuk menarik rangkaian gerbong barang dalam jumlah yang besar , berikut ini beberapa type dan kemampuan lokomotif yang digunakan untuk menarik rangkaian KA barang :
Jenis Lokomotif
Pabrik pembuat
Keluaran Daya
Daya Tarik Beban
Pada Kemiringan Nol Permil
Type PT KAI
Type Internasional
CC201
(GE U18C)
General electric
1950 Hp
1931 ton pada V= 60km/jam
CC202
(EMD G26)
General Motor
2250 Hp
2096 ton pada V= 60km/jam
CC203
(GE U20C)
General electric
2150 Hp
1300 ton pada V= 80km/jam
CC204
(GE C18Mmi dan GE C20EMP)
General electric
1950 Hp
2900 ton pada V= 60km/jam
CC205
(EMD-GT38AC)
General Motor
2300 Hp
diperkirakan 1,5 kali CC202

Fasilitas Tambahan
Untuk mendukung system kelogistikan berbagai komoditi angkutan barang PT KAI juga menyediakan fasilitas tambahan di beberapa lokasi Stasiun atau terminal angkutan barang di pulau Jawa dan Sumatera. Beberapa diantaranya :
  • Gedung Tempat Penyimpanan atau Pergudangan
  • Kantor Ekspeditur
  • Alat Bongkar Muat Reach Stager, Gantry Crance, Container Loader.
  • Alat Timbang
  • Dipo Perawatan Container
  • Areal Parkir Untuk Trucking
  • Fasilitas Security
  • Stockpile
  • Container Yard
  • Dan lain-lain

Lokasi Stasiun Origin dan Destinasi
  • Jawa
    Hampir di seluruh kota besar di pulau jawa dilalui oleh lintasan rel kereta api. Begitu pula pengiriman barang dengan kereta api dapat mencapai ke berbagai tempat di pulau jawa hingga pelosok. Dengan menyediakan fasilitas Loading dan Unloading maupun system pergudangan maka pengiriman barang dapat berlangsung dengan aman dan tepat waktu. Pada tahun 2009 terdapat kurang lebih 441 Stasiun kereta api untuk penumpang dan barang yang tersebar seluruh kota besar di pulau Jawa. Berikut ini beberapa stasiun besar sebagai tempat origin dan destinasi pengiriman barang :
    1. Stasiun Jakarta gudang
    2. Stasiun Kalimas
    3. Stasiun Pasar turi
    4. Stasiun Sungai lagoa dan Pasoso
    5. Stasiun Petikemas Gedebage
    6. Stasiun lempuyangan
    7. Stasiun Solo Balapan
    8. Stasiun Manggarai
    9. Stasiun Tegal
    10. Stasiun Semarang Poncol
    11. Stasiun Kroya
    12. Stasiun Merak


  • Sumatera
    Pada tahun 2009 terdapat kurang lebih 129 Stasiun kereta api untuk penumpang dan barang yang tersebar seluruh kota besar di pulau Sumatera. Lintasan rel kereta api di seluruh wilayah Sumatera masih belum terhubungkan dan Wilayah sumatera terbagi Menjadi tiga bagian/ region atau dikenal dengan DIVRE (devisi regional) diantaranya :
    1. DIVRE I Sumatera Utara, beberapa stasiun Besar yang dapat mengakomodasi angkutan barang diantaranya :
      • Stasiun Labuan
      • Stasiun Kisaran
      • Stasiun Lubuk pakam
      • Stasiun Rantau parapat
      • Stasiun Siantar
      • Stasiun Tanjung balai
      • Stasiun Belawan
      • Stasiun Mendan
      • Stasiun Tebing tinggi

    1. DIVRE II Sumatera Barat, beberapa stasiun Besar yang dapat mengakomodasi angkutan barang diantaranya :
      • Stasiun Padang panjang
      • Stasiun Teluk bayur
      • Stasiun Sawalunto
      • Stasiun Pariaman


    1. DIVRE III Sumater Selatan, beberapa stasiun Besar yang dapat mengakomodasi angkutan barang diantaranya :
      • Stasiun Kertapati
      • Stasiun prabumulih
      • Stasiun merapi
      • Stasiun muaraenim
      • Stasiun Tarahan
      • Stasiun Lubuk linggau
      • Stasiun Lahat
      • Stasiun Baturaja

sumber:http://www.kereta-api.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar